By A Web Design Company

EKSPERIMEN

  • PDFPrintE-mail

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; line-height:150%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Arial","sans-serif"; mso-ansi-language:IN;}

PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP SIKAP MENGENAI SEKS PRANIKAH PADA SISWA SMK NEGERI 8 MAKASSAR

ABSTRAK

Novita Maulidya Djalal. 2011. Pengaruh Pemberian Informasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Sikap Mengenai Seks Pranikah Pada Siswa SMK Negeri 8 Makassar. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian informasi tentang kesehatan reproduksi terhadap sikap mengenai seks pranikah pada siswa SMK Negeri 8 Makassar Makassar.

Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala sikap tentang seks pranikah yang dibuat sendiri oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dalam pemilihan subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 8 Makassar Makassar sebanyak 48 orang, dengan kriteria (1) berusia 15-17 tahun (2) pendidikan kelas 1 di SMK Negeri 8 Makassar Makassar (3) bersedia mengikuti kegiatan eksperimental berupa pemberian pemberian informasi kesehatan reproduksi remaja. Data dianalisis dengan menggunakan analisis paired samples t-test dari program SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 jauh berada di bawah 0,05 (taraf signifikansi 5%). Berdasarkan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti H0 ditolak atau sikap mengenai seks pranikah sebelum (pre) dan setelah (post) diberikan informasi mengenai kesehatan reproduksi berbeda secara signifikan. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : terdapat pengaruh pemberian informasi kesehatan reproduksi terhadap sikap seks pranikah pada siswa SMK Negeri 8 Makassar. Semakin meningkat pengetahuan siswa tentang informasi kesehatan reproduksi, maka semakin rendah sikap permisivitas siswa terhadap seks pranikah.

Kata Kunci : Informasi kesehatan reproduksi, Sikap, Seks Pranikah.

 

 


PELATIHAN SELF-EFFICACY UNTUK MENGURANGI KECURANGAN AKADEMIK PADA SISWA SMA NEG 1 SINJAI UTARA

ABSTRAK

Musyarrafah. 2010. Pelatihan self-efficacy untuk mengurangi kecurangan akademik pada siswa SMA Neg 1 Sinjai Utara. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Mkassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian pelatihan self-efficacy untuk mengurangi kecurangan akademik pada Siswa SMA Neg 1 Sinjai Utara.

Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 18 orang siswa yang terpilih melalui metode purpossive sampling. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu 8 orang pada kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Subjek pada kelompok eksperimen diberikan pelatihan self-efficacy sedangkan subjek pada kelompok kontrol tidak diberikan pelatihan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecurangan akademik. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized pretest-posttest control group design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek yang diberikan pelatihan self-efficacy kecurangan akademiknya lebih rendah dibandingkan dengan subjek yang tidak mendapatkan pelatihan self-efficacy. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t melalui program SPSS 16.0, dimana nilai t sebesar 5,622 dan p sebesar 0,000. Pelatihan self-efficacy efektif untuk mengurangi kecurangan akademik pada siswa SMA Negeri 1 Sinjai Utara.

Kata kunci: kecurangan akademik, self-efficacy

PENGENALAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PERMAINAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN

ABSTRAK

Hinrawati. 2011. Pengenalan Semangat Kewirausahaan pada Siswa Taman Kanak-Kanak melalui Permainan Berbasis Kewirausahaan. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengenalan semangat kewirausahaan pada siswa taman kanak-kanak melalui permainan berbasis kewirausahaan.

Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang dipilih melalui metode random sampling dengan kriteria penelitian yaitu: anak usia TK yang bersekolah di Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Enrekang, dan usia antara 4-6 tahun. Instrumen yang digunakan adalah skala semangat kewirausahaan. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t yaitu correlated data t-test/ paired sample t-test melalui program SPSS for windows versi 15.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan berbasis kewirausahaan efektif untuk memperkenalkan semangat kewirausahaan pada siswa taman kanak-kanak.

Kata kunci: Semangat kewirausahaan, permainan berbasis kewirausahaan


SPIRITUAL MODEL KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUAL WELL-BEING (SWB) PADA REMAJA DI KOTA MAKASSAR

ABSTRAK

Hillman Wirawan, 2011. Spiritual Model Kelompok untuk Meningkatkan Spiritual Well-Being (SWB) pada Remaja di Kota Makassar. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas spiritual model kelompok untuk meningkatkan Spiritual Well Being (SWB) pada remaja di kota Makassar. Spiritual Well Being adalah faktor yang sangat menentukan bagi remaja dalam mengarahkan diri pada perilaku-perilaku positif dan menghindari perilaku-perilaku negatif (Ho dan Ho, 2010). Peningkatan Spiritual Well Being sangat dipengaruhi oleh kehadiran teman sebaya (Hindman, 2003). Spiritual Model Kelompok adalah model pelatihan spiritual yang memanfaatkan potensi kelompok remaja dalam menginternalisasikan nilai-nilai spiritual.

Metode penelitian menggunakan desain eksperimen within subject design (Myers, 2005). Sampel yang dilibatkan dalam penelitian sejumlah 26 orang dari 234 orang siswa sekolah menengah yang telah melalui proses identifikasi tingkat SWB. Siswa yang memiliki tingkat SWB di bawah kategori tinggi yang ditawari untuk mengikuti pelatihan. Pengukuran SWB dan evaluasi pelaksanaan pelatihan dilakukan sebelum dan setelah pelatihan.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh nilai p = 0,000 < nilai alfa = 0,05, sehingga disimpulkan bahwa Spiritual Model Kelompok sangat signifikan memengaruhi peningkatan SWB pada peserta pelatihan. Spiritual Model Kelompok diharapkan dapat memberikan solusi bagi perilaku remaja yang tidak terarah dengan baik karena rendahnya tingkat SWB yang dimiliki.

Kata kunci: SWB, Spiritual Model Kelompok, dan Remaja.

EFEKTIVITAS TEKNIK MENCATAT DENGAN PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP PELAJARAN PADA SISWA SMA NEGERI 11 MAKASSAR

ABSTRAK

Bonita Mahmud, 2010. Efektivitas Teknik Mencatat dengan Peta Pikiran untuk Meningkatkan Pemahaman terhadap Pelajaran Pada Siswa SMA Negeri 11 Makassar. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman terhadap mata pelajaran ekonomi antara subjek yang diberikan pelatihan teknik mencatat peta pikiran dengan subjek yang tidak diberi pelatihan pada siswa SMA Negeri 11 Makassar.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Makassar sebanyak 18 orang, dimana 8 orang sebagai kelompok eksperimen dan 10 orang sebagai kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan adalah tes prestasi pada pelajaran ekonomi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan independent sample t-tes dengan bantuan program SPSS for windows versi 16,00.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman terhadap mata pelajaran ekonomi antara subjek yang diberi pelatihan teknik mencatat peta pikiran dengan subjek yang tidak diberi pelatihan pada siswa SMA Negeri 11 Makassar.

Kata kunci: pelatihan teknik mencatat dengan peta pikiran, pemahaman terhadap mata pelajaran ekonomi.

PSIKOLOGI EKSPERIMEN

  • PDFPrintE-mail

EFEKTIVITAS METODE TOTAL-STORY TECHNIQUE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGINGAT KOSA KATA BAHASA INGGRIS

ABSTRAK


Nur Qadrianti Aman, 2010. Efektivitas Metode Total-Story Technique terhadap Peningkatan Kemampuan Mengingat Kosa Kata Bahasa Inggris.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Total-Story Technique terhadap peningkatan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Inggris.
Subjek pada penelitian ini sebanyak 36 orang, yang dibagi ke dalam dua kelompok, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes mengingat kosa kata bahasa Inggris. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized control group pretest-posttest design Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa besarnya t = 27,145 dengan signifikansi p = 0,000. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Skor rerata kelompok eksperimen yang diberikan metode Total-Story Technique memiliki tingkat kemampuan mengingat kosa kata bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak diberikan metode Total-Story Technique. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah metode Total-Story Technique efektif untuk meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Inggris pada kelompok eksperimen.  

Kata Kunci: Total-Story Technique, Mengingat, Kosa Kata Bahasa Inggris.